about Al - Kautsar

Foto saya
Al-Kautsar adalah perguruan unggul islami kebanggaan masyarakat

Rabu, 12 Januari 2011

sejarah Al - Kautsar

SEJARAH YAYASAN AL-KAUTSAR

Yayasan Al-Kautsar Lampung dirintis oleh Kelompok Pengajian Al-Amal di Bandar Lampung yang beranggotakan Muspida Tingkat I dan seluruh Kepala Dinas/Kanwil Tingkat I serta Bupati/Walikota se-Propinsi Lampung yang beragama Islam, yang mengadakan pengajian bulanan di rumah kediaman anggota secara bergilir. Dalam suatu pengajian rutin di bulan Januari 1991 dibahas isu penting dalam bidang pendidikan, yaitu: relatif rendahnya kualitas sekolah umum dan sekolah agama di Propinsi Lampung, terus meningkatnya kecenderungan masyarakat Lampung yang menyekolahkan anaknya ke sekolah unggul di Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung, relatif tidak tersedianya sekolah umum unggul bernafaskan Islam yang berkualitas, dan semakin beratnya persaingan untuk memasuki sekolah unggul di Lampung.

Pada bulan Maret 1991 disepakati untuk segera membangun suatu lembaga pendidikan dasar dan menengah yang bernafaskan Islam dan bermutu di Propinsi Lampung. Pada bulan Mei 1991 dibentuk Panitia Persiapan Pendirian SMP dan SMA yang diberi nama “NURUL ULUM” (Cahaya Ilmu), yang kemudian menyusun proposal pendirian sekolah termasuk yayasan yang akan menaunginya dengan nama Yayasan NURUL ULUM. Pada Tahun Pelajaran 1991/1992, SLTP dan SMA Nurul Ulum sudah mulai menerima murid baru, yang untuk sementara waktu siswanya dititipkan pada SMP Negeri II dan SMA Negeri II Tanjungkarang. Pada bulan November 1991 nama NURUL ULUM kemudian diganti dengan nama “AL-KAUTSAR” (Nikmat yang berlimpah). Pada tanggal 16 Januari 1992, Yayasan Al-Kautsar membentuk lembaga yang khusus mengelola kegiatan pendidikan umum yang berwawasan islam di Propinsi Lampung yang diberi nama Perguruan Al-Kautsar. Tanggal tersebut kemudian dijadikan hari jadi Perguruan Al-Kautsar.
IDENTITAS YAYASAN
Nama :
Yayasan Al-kautsar yang berarti nikmat yang banyak
Lambang :
Tulisan Al-Kautsar yang saling berhadapan yang menggambarkan pintu gerbang untuk nikmat yang banyak
Salam :
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Bendera :
warna dasar kuning, tulisan biru
Bahasa Pengantar :
menggunakan bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Asing Lainnya
Mars dan Himne :
Mars Pelajar Al-Kautsar dan Himne Al-Kautsar
Stuktur Pengurus Yayasan Al-Kautsar
Ketua Yayasan :
Dr. Ir. H. Harris Hasyim M.A
Sekertaris Yayasan :
Ir. Abdurakhaman Yunani
Bendahara Yayasan :
Dra. Dewi Fortiana
Ketua Pelaksana Harian :
Prof. Dr. Ir. H. Abdul Kadir Salam, M.Sc.
Asisten Ketua Bidang Pendidikan dan SDM :
Dr. Ir. H. M.A. Syamsul Arif, M.Sc.
Asisten Ketua Bidang Pengemabangan dan Pembangunan :
Dr. Ir. Erwanto, M.S.
Ketua Bidang Adm. Keuangan :
Dr. Maria Viva Rini, M.Sc.
Kepala Sekolah :
Dra. Mariana
Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum :
Hi. Ridzal Effendi, S.Ag, M.Pd.
Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan :
Drs. Syamsul Hudiono

RUANG LINGKUP PENDIDIKAN
Perguruan Al-Kautsar menyelenggarakan pendidikan mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak, SD, SMP, SMA serta didukung oleh lembaga-lembaga keterampilan seperti Pusat Pendidikan Komputer (PUSDIKOM), Pusat Pendidikan Bahasa (PUSDIKBA), Bimbingan Belajar (BIMBEL). Dan juga ada Koperasi dan Poliklinik untuk melayani kebutuhan seluruh siswa, karyawan, pendidik dan orang tua siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar